HUBUNGAN ANTARA METAKOGNISI DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL SIMAYANG

MENTARI BELA WAHYUDIENIE, 1413023036 (2018) HUBUNGAN ANTARA METAKOGNISI DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL SIMAYANG. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1523Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1473Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA METAKOGNISI DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL SIMAYANG Oleh MENTARI BELA WAHYUDIENIE Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan metakognisi dengan keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa menggunakan model SiMaYang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas, dari populasi yang tersebut diambil 1 kelas sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan desain korelasi. Hubungan antara metakognisi dengan keterampilan proses sains siswa menggunakan model SiMaYang diukur dengan melihat koefisien korelasi dan persamaan regresi linier yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara metakognisi dengan keterampilan proses sains siswa yang tergolong “kuat”, linear dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metakognisi dengan keterampilan proses sains siswa melalui model pembelajaran SiMaYang, sehingga penting untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa dalam pembelajaran yang dapat membantu guru dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Kata Kunci: keterampilan proses sains siswa, metakognisi, model SiMaYang

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201827413 . Digilib
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:27
Terakhir diubah: 18 Jul 2018 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32170

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir