EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANAN BERPIKIR ORISINIL PADA LARUTAN PENYANGGA

ADE WAHYU SAPUTRA, 1413023001 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANAN BERPIKIR ORISINIL PADA LARUTAN PENYANGGA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL-1.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2252Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2128Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem based learning(PBL)dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang ada di SMA Negeri 1 PUNGGUR tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 7 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent pretes-postest control group design. Efektivitas pembelajaran problem based learning (PBL) diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir orisinil siswa, kemudian ukuran besar pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL)tersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa memiliki kriteria “sedang”. Pembelajaran problem based learning (PBL)memiliki pengaruh “sedang” terhadap peningkatan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan penyangga. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem based learning (PBL) efektifdalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir orisinil siswa, problem based learning (PBL).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201850502 . Digilib
Date Deposited: 30 Jul 2018 08:25
Terakhir diubah: 30 Jul 2018 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32359

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir