KUKUH BINTORO , 1413053062 (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (944Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1613Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1614Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar PKn kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest pada kelas eksperimen 25,5 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 13, dengan selisih peningkatan nilai rata-rata sebesar 12,5. Perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus independent sampel t-test diperoleh data thitung sebesar 3,675 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut menunjukkan (3,675 > 2,021) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar. Kata kunci: cooperative learning, jigsaw, hasil belajar PKn. abstract The problem in this study is the low learning outcomes of Civics. The purpose of this research is to analyze and to know the influence of the implementation of cooperative learning model of jigsaw type to the learning result of Civics class V SD Negeri 1 Metro Timur. The type of this research is experimental research with quantitative approach. The research method used is quasi experimental design. The research design used is non-equivalent control group design. Technique of collecting data is done by technique of test and questionnaire. The results showed an increase in the average value from pretest to posttest in the experimental class 25.5 higher than in the control class 13, with an increase in the mean value of 12.5. Calculation of hypothesis test using independent formula of t-test sample obtained by tcount data 3,675 while ttable equal to 2,021, the comparison show (3,675> 2,021) there is positive and significant influence on applying cooperative learning type jigsaw model to result of learning. Keywords: cooperative learning, jigsaw, Civics learning outcomes.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201828297 . Digilib |
Date Deposited: | 31 Jul 2018 06:49 |
Terakhir diubah: | 31 Jul 2018 06:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32415 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |