PENGARUH PENGGUNAAN ISU SOSIOSAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

JARISKA MEIDHANIA WULANDARI, 1413023029 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ISU SOSIOSAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3460Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2667Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Seputih Agung ini bertujuan untuk men-deskripsikan pengaruh pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik untuk meningatkan kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar siswa kelas X MIA pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X MIA. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru kimia kelas X SMAN 1 Seputih Agung dan X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik. Pengaruh pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-gain dan uji effect size terhadap kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dua rata-rata n-gain kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan kriteria n-gain pada kelas eksperimen ‘sedang’ dan kelas kontrol ‘rendah’ untuk kemampuan literasi kimia, sedangkan untuk motivasi belajar siswa ‘sedang’ pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ‘sedang’ pula. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 83,7% peningkatan kemampuan literasi kimia dan 75,6% peningkatan motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik. Pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar siswa dengan kriteria effect size ‘besar’. Kata kunci: kemampuan literasi kimia, isu sosiosaintifik, motivasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201870202 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:41
Terakhir diubah: 01 Aug 2018 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32446

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir