Desi Resita Merayu Sukma, 1443053014 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI KECAMATAN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1241Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1131Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran tematik di SD Negeri Kecamatan Pringsewu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Timur yang dipilih dengan random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Pringsewu. Kata Kunci : hasil belajar, problem based learning, dan tematik. ABSTRACT The problem of the research was the students’ result of learning process on thematic subject was still low in grade students in Pringsewu sub-district. This research was aimed at investigating the influence of Learning Model on Students’ Learning Result. The method used in this research was pre-experimental method. The research design used in this study was one group pretest posttest design, so there were experiment class and control class. The sample of this research were fourth grade students in SD Negeri 1 Pringsewu Timur which had been selected with random sampling technique.The instruments used in this study were test result of students’ activity by problem based learning model. The data were analyzed by using t-test. Regarding to the result of the research, it can be concluded that problem based learning model influences the students’ thematic learning result on the fourth grade students in Pringsewu sub-district. Key words : learning result, problem based learning, and thematic
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201829453 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Aug 2018 08:38 |
Terakhir diubah: | 01 Aug 2018 08:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32460 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |