EFEKTIVITAS STRATEGI METAKOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Global Madani Bandar Lampung T.P. 2017/2018)

ANGGRAENI SAPTIA ARIATI , 1413021007 (2018) EFEKTIVITAS STRATEGI METAKOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Global Madani Bandar Lampung T.P. 2017/2018). UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3100Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2602Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan strategi metakognitif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 95 siswa yang terdistribusi dalam empat kelas dengan kemampuan siswa tiap kelas relatif sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VIII-1 dan VIII-3. Desain penelitian yang digunakan adalah the static-group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil uji proporsi dengan Binonial Sign Testfor a single sample didapat bahwa presentase siswa dengan pembelajaran berstrategi metakognitif yang memiliki indeks peningkatan (gain) dengan kriteria sedang dan tinggi adalah lebih dari 60%. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U didapat bahwa peningkatan (gain) kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan strategi metakognitif lebih tinggi daripada peningkatan (gain) kemampuan berpikir kritis matematissiswa tanpa strategi metakognitif. Dengan demikian, pembelajaran dengan strategi metakognitif efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Kata kunci: berpikir kritis matematis, efektivitas, strategi metakognitif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 201814677 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:17
Terakhir diubah: 03 Aug 2018 02:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32505

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir