PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH METRO PUSAT

DWI KARTIKA YANTI , 1623012006 (2018) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH METRO PUSAT. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (922Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (923Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan di sekolah dasar Muhammadiyah Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data yang dijadikan sumber informasi adalah ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah, dan Wakil Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data, menyajikan data ke dalam tabel dan verifikasi data untuk mengambil kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pengelolaan pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Metro Pusat meliputi: (1) sebagai pemberi pertimbangan dalam menentukan kebijakan dan program sekolah, Rencana Anggaran Kerja Sekolah, kinerja dan fasilitas sekolah, (2) sebagai menggalang dana dan sumber daya pendidikan dari masyarkat, (3) sebagai pengawas pelayanan pendidikan di sekolah, (4) sebagai menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari masyarakat. Kata Kunci: komite sekolah, mutu pengelolaan pendidikan ABSTRACT This study aims to describe the role of school committees in improving the quality of education management of Elementary schools of Muhammadiyah Metro Center. This research uses qualitative approach with type of phenomenology research. Sources of data used as sources of information are the head of the School Committee, Principal, and Deputy Head of School. Data collection techniques in this study using interviews, observation and documentation. The process of data analysis starts from reviewing all data of interview result and documentation study, followed by conducting data reduction, presenting data into table and verification data to take conclusion. The data validity technique uses triangulation. Based on the results of research on the role of school committees in improving the quality of education management of Elementary Schools of Muhammadiyah Metro Central includes: (1) as a consideration in determining school policies and programs, School Budget Plans, school performance and facilities, (2) as fundraising and educational resources of the community, (3) as supervisor of educational services in schools, (4) as follow up on complaints, suggestions, criticisms and aspirations from the community. Keywords: school committee, quality of education management

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 201839493 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2018 01:27
Terakhir diubah: 09 Aug 2018 01:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32748

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir