Haiyun Pani , HERLINA (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBEREJO BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (210Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (258Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (142Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (246Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1319Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 Sumberejo Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 melalui pembelajaran menggunakan alat peraga gambar. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Langkah-langkah dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru, serta soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 43,33% dan pada siklus II 89,50%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 64 dan pada siklus II meningkat menjadi 85 Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 57% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 89%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan alat peraga gambar dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa pada materi alat indera manusia. Kata Kunci : Alat peraga gambar, aktivitas, dan hasil.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:15 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/352 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |