Suhari , NURHAYATI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N 1 WAY KANDIS KECAMATAN TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (223Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (284Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (131Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (288Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (76Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2615Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Nilai rata-rata mata Pelajaran IPA sangat rendah yaitu rata-rata kelas adalah 4,0, hal ini disebabkan karena guru dalam pembelajaran masih banyak menggunakan metode mengajar yang kurang tepat. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul Peningkatan Aktivitas dan prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Melalui metode Jigsaw Pada siswa kelas V SDN 1 Way Kandis Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata IPA melalui metode Jigsaw pada siswa kelas V SDN 1 Way Kandis Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang dilakukan adalah perangkat tes, lembar observasi, catatan lapangan yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan dalam proses belajar mengajar IPA dengan menggunakan metode jigsaw. Hasil aktivitas, hasil belajar serta kinerja pendidik yang meningkat yaitu aktivitas siswa pada siklus I rata-rata sebesar 64,8 lalu meningkat pada siklus II menjadi 76,48. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 63, kemudian pada siklus II menjadi 75. Peningkatan juga terjadi pada kinerja pendidik yaitu pada siklus I sebesar 66,3, dan pada siklus II meningkat menjadi 80. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Jigsaw pada siswa kelas V SDN 1 Way Kandis Bandar Lampung. Kata Kunci : hasil belajar, aktivitas siswa, metode jigsaw, sekolah dasar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:15 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/359 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |