Mu’alim, MARDIAN HADI SURYANTO (2013) PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV A SD NEGERI 1 SUKARAJA TIGA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (265Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (348Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (313Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (654Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (10Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Sukaraja Tiga Lampung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Sukaraja Tiga Lampung Timur menggunakan media Power Point. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media Power Point pada pembelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Sukaraja Tiga Lampung Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (57,29), siklus II (65,63) dan siklus III (78,96). Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8,34, dan pada siklus II ke siklus III meningkat sebesar 13,33 Kemudian untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (66,58), siklus II menjadi (71,67) dan siklus III sebesar (78,58). Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 5,09 dan pada siklus II ke siklus III meningkat sebesar 6,91. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I (45,83%), siklus II (62,5%), dan siklus III (87,5%) dari jumlah 24 orang siswa. Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV Sekolah Dasar (SD) dapat menggunakan media Power Point pada pembelajaran IPS supaya aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat serta siswa tidak menganggap pembelajaran IPS membosankan. Kata kunci: Media Power Point, aktivitas belajar, hasil belajar, IPS.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:18 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/364 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |