PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKPD MENGANLISIS ISI NOVEL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA/MA

LELA TRI INDRIANI , 1623041029 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKPD MENGANLISIS ISI NOVEL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA/MA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb)
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1611Kb)
[img] File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1612Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan materi tentang Menganalisis Isi Novel Melalui Pendekatan Discovery Learning dalam Pembelajaran Sastra di SMA/SMA dan kelayakannya untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas XII SMA. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan materi/ bahan ajar berupa lembar kegiatan perserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan menurut Borg and Gall. Penelitian dilakukan dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian sehingga menghasilkan produk. Tujuh tahapan yang dilakukan (1) menganalisis potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) memvalidasi desain kepada ahli media, materi, dan praktisi, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah berhasil dikembangkan produk materi/bahan ajar berupa LKPD Menganalisis Isi Novel Melalui Pendekatan Discovery Learning dalam Pembelajaran Sastra di SMA/MA dikembangkan melalui tujuh prosedur penelitian, (2) berdasarkan penilaian beberapa aspek oleh ahli materi dan ahli media yang telah dilakukan, produk memperoleh penilaian dengan persentase 90,12% dan 81,25% dengan kriteria sangat layak. Dengan itdentifikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa produk dapat diujicobakan kepada siswa dengan saran dan revisi, (3) berdasarkan uji coba di sekolah, guru dan siswa dari tiga sekolah memberikan penlaian kelayakan kepada Lembar Kegiatan Peserta Didik. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa materi/bahan ajar berupa LKPD Menganalisis Isi Novel Melalui Pendekatan Discovery Learning dalam Pembelajaran Sastra di SMA/MA ini layak digunakan dalam pembelajaran novel di kelas XII SMA. Kata Kunci: bahan ajar, novel, Discovery Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 188215553 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2018 06:37
Terakhir diubah: 24 Oct 2018 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37327

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir