PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TENTANG PENANAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI KEPADA SISWA SMP (Studi Kasus Pada Kelas VIII SMP Negeri I Kecamatan Padangratu Kebupaten Lampung Tengah)

Susilo, Susilo (2012) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TENTANG PENANAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI KEPADA SISWA SMP (Studi Kasus Pada Kelas VIII SMP Negeri I Kecamatan Padangratu Kebupaten Lampung Tengah). Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Susilo_COVER.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_abstract.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_SANWANCANA.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_BAB I.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_BAB II.pdf

Download (314Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_BAB III.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_BAB IV.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_BAB V.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Susilo_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Civic Education in elementary education unit and high school education unit is a group of lesson which is intended to improve the adultsense and the knowledge of student for their obligation, right, and status in social life, state, and nation, and also improving humanity qualify of them. This research is aimed to get an illustration about civic education learning process (PKn) about democracy values investment of student, so that we get information about democracy values investment way for student effectively and it also can be implemented by the teacher in learning process by civic education learning. This research method applied in this research is qualitatif approach. The samples of this research are head master, student, and also civic education teacher. The datas collecting technique in this research are documentation, interview, and observation instruction. The data colleting analyze in this research use Analysis Interactive Model from Milles and Huberman. The result of this research show that civic education learning in democracy values investment of student is implemented with the steps. First, making plan. Second, Implementation of learning activities which are consist of three activities, they are 1), introduction activity 2), Nucleus activity 3), Closing activity.Third, learning evaluation. Learning model which is used by civic education teacher is Value Clarification Technique (VCT) learning model, it is shown when the learning process is progressing. And there are dominant real democracy values are invested, and also there are abstract democracy values. The dominant real democracy values are invested by the teacher are a) freedom and responsibility value, b) sameness value, c) openness and pro-perception value, d) usually for critic thinking, e) solidarity in group value. Continuously, the abstract democracy values are a) respectful to the regulation and law, b) freedom and responsibility, c) discipline, d) active and responsibility citizenship. Key word: Democracy values Pendidikan Kewarganegaraan pada satuan pendidikan dasar dan menengah merupakan kelompok mata pelajaran yang dimaksudkan untuk meningkatkan kedewasaan dan wawasan anak didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) tentang penanaman nilai-nilai demokrasi kepada siswa, sehingga nantinya didapat informasi cara penanaman nilai-nilai demokrasi bagi siswa yang efektif dan dapat diterapkan serta dilaksanakan oleh guru di dalam proses pembelajaran melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru PKn, siswa dan kepala sekolah. Instrumen pengumpul data menggunakan panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analysis Interactive Model dari Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran PKn dalam penanaman nilai-nilai demokrasi kepada siswa dilakukan dengan langkah-langkah pertama, membuat perencanaan. Kedua kegiatan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan yaitu 1), kegitan pendahuluan 2), kegiatan inti 3), kegiatan penutup, dan langkah ketiga Evaluasi pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru PKn yaitu model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT), terlihat dari kegiatan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Dan terdapat beberapa nilai-nilai demokrasi yang dominan nampak di tanamkan dan ada juga nilai-nilai demokrasi yang tidak nampak. Nilai demokrasi yang dominan nampak ditanamkan oleh guru seperti a) Nilai kebebasan dan tanggung jawab, b) Nilai persamaan, c) Nilai keterbukaan dan menghilangkan prasangka, d) Membiasakan untuk berpikir kritis, e) Nilai solidaritas dalam kelompok. Selanjuntnya nilai demokrasi yang tidak nampak adalah a) penghormatan pada hukum dan ketertiban, b) Kebebasan dan tanggungjawab c) Disiplin, d) Kewarganegaraan yang aktif dan bertanggungjawab Kata kunci : Nilai-nilai demokrasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 07:58
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir