PENGEMBANGAN MODUL ENGLISH FOR NURSING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN

Amin, Moch. Idi (2011) PENGEMBANGAN MODUL ENGLISH FOR NURSING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN. Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Moch. Idi Amin_Halaman Depan.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moch. Idi Amin_Bab I.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moch. Idi Amin_Bab II.pdf

Download (380Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moch. Idi Amin_Bab III.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moch. Idi Amin_Bab IV.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moch. Idi Amin_Bab V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moch. Idi Amin_Daftar Pustka.pdf

Download (112Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kebutuhan akan modul pembelajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa keperawatan tingkat II khususnya di Akademi Keperawatan Panca Bhakti Bandar Lampung yang dapat dijadikan alternatif dalam mengatasi keterbatasan waktu tatap muka dan membantu masalah belajar dengan metode belajar mandiri. Selain itu modul English for Nursing merupakan sebuah bentuk pengintegrasian dari empat kompetensi dasar berbahasa Inggris yaitu listening, speaking, reading dan writing. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul pembelajaran bahasa Inggris yang selanjutnya dilihat peningkatan kemampuan mahasiswa dan daya tarik modul itu sendiri. Bentuk pembelajaran melalui tutorial dan praktik. Desain penelitian dilakukan dengan pengembangan sebagai berikut :1) Penelitian tahap 1 yaitu analisis kebutuhan dan identifikasi sumber daya untuk memenuhi kebutuhan, merancang dan mendesain produk, uji internal dan revisi produk awal. 2) Penelitian tahap II yaitu uji eksternal dengan desain one group pre-test-post-test design dan menghasilkan produk akhir. Produk akhir dari penelitian pengembangan ini berupa modul English for Nursing untuk mahasiswa tingkat II Akademi Keperawatan. Setelah dilakukan uji internal oleh ahli materi, ahli media, dan uji perorangan dinyatakan layak diuji coba .Selanjutnya, dari uji eksternal dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa Akademi Keperawatan Panca Bhakti dengan menggunakan modul English for Nursing lebih besar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dilihat dari adanya perbedaan pada gain score untuk kelas kontrol sebesar 8,24 dan gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 12,24. Dari rekapitulasi angket tentang kemenarikan diperoleh kesimpulan bahwa 62,8 % menyatakan produk sangat menarik, 15,8 % menyatakan menarik dan sebanyak 7,9% menyatakan bahwa modul English for Nursing cukup menarik. Dari aspek kemudahan penggunaan 65,5% menyatakan sangat mudah, 29,5% menyatakan mudah dan 5% lainnya menyatakan cukup mudah untuk dipergunakan. This research is motivated by the need for English language learning modules for level II of nursing students, especially in the Panca Bhakti Nursing Academy Bandar Lampung which can be an alternative in overcoming the limitations of time face to face and help with learning problems with self-learning method. In addition module of English for Nursing is a form of integration of four basic competency in English namely listening, speaking, reading and writing. The purpose of this research is to produce a product of English language learning modules that subsequently seen an increasing in students' ability and attractiveness of the module itself. Forms of learning through the tutorials and practice. From the steps of this research is done by foloowing steps : 1) phase 1, study of the needs analysis and identification of resources to meet the needs, designing and product design, internal testing and revision of the initial product. 2) Phase II, study of external test design with one group pre-test-post-test design and produce the final product. The final product of this development research in the form of modules of English for Nursing for the student of 2nd grade in Nursing Academy. After being tested internally by material experts, media experts and individual test and as feasible in the next test, the external test can be concluded that the ability to use modules for Nursing Academy’s students is bigger than conventional learning seen from the difference in gain score for the control class amounted to 8.24 and the gain scores for the experiment class amounted to 12.24. Questionnaire about the attractiveness of recapitulation can be concluded that 62.8% expressed a very interesting product, 15.8% expressed interest and as much as 7.9% stated that the module of English for Nursing is quite interesting. From the aspect of ease of use 65.5% stated very easy, 29.5% expressed easily and 5% Other expressed quite easy to use.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 07:59
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir