PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 METRO

Handayani, Sri Rejeki (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 METRO. Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
Sri Rezeki Handyani_COVER.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Sri Rezeki Handayani_ABSTRAK.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Sri Rezeki Handyani_DAFTAR ISI.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Sri Rezeki Handyani_BAB I.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Siti Holijah_BAB II.pdf

Download (341Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Sri Rezeki Handyani_BAB III.pdf

Download (266Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Sri Rezeki Handyani_BAB IV.pdf

Download (301Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Sri Rezeki Handyani_BAB V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Sri Rezeki Handyani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menyusun perencanaan pembelajaran, mendeskripsi-kan proses pembelajaran matematika ditinjau dari aktivitas guru dan siswa, penilaian pembelajaran matematika, dan peningkatan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah di kelas X SMA Negeri 5 Metro Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Siklus pertama dengan belajar berpasangan, siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari teman sebangku. Siklus ke II dengan membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang heterogen. Siklus III dengan membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang heterogen dan pembelajaran dilaksanakan di luar kelas. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen: Penilaian RPP, Lembar Pengamatan Kemampuan Guru, Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, Lembar Penilaian Minat Siswa, Rubrik Penilaian Unjuk Kerja, dan Tes Penguasaan Kompetensi. Indikator keberhasilan: 1) kualitas RPP terkategori baik, 2) aktivitas guru dan siswa klasifikasi tinggi/baik, 3) terjadi peningkatan penilaian pelaksanaan pembelajaran matematika pada setiap siklus, kinerja siswa dalam memecahkan masalah 60 % atau lebih termasuk dalam level Istimewa atau Memuaskan. Analisis data kualitatif menggunakan Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing. Validasi data menggunakan Triangulasi, Member Check, Audit Trail, dan Expert Opinion. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) terjadi peningkatan kualitas RPP, siklus I termasuk dalam kategori kurang, siklus II sedang, siklus III tinggi/baik . 2) aktivitas guru pada siklus I sedang, siklus II baik, siklus III sangat baik, sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 56 % pada siklus I, menjadi 68 % pada siklus II, dan 77 % pada siklus II. 3) Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, II dan III mengalami peningkatan. Kinerja siswa dalam memecahkan masalah pada siklus I level Istimewa dan Memuaskan 22 % , siklus II 35 % siswa, siklus III 63 % siswa. 4) Rerata prestasi belajar matematika siswa pada siklus I = 62 dengan 63 % ketuntasan klasikal, rerata siklus II = 64,14 dengan 74,5 % ketuntasan, rerata siklus III = 67 dengan 84 % ketuntasan The research aims to develop learning plan, describing the process of learning mathematic, assesment in learning mathematic, and improvement of achievement in learning mathematic throught problem based learning model The research procedure uses class- action research plan that is planning, imple- menting, observing, and reflecting to each cycle. The research are conducted three cycles, and these results of the research are: (1) Cycle I the quality of RPP which arranged by teaher is still low category, cycle II is medium category, and the third cycle is high/good; (2) The teachers ability cycle I medium, cycle II good, cycle III is excellent (3) The student’s activity increase from 56 % in cycle I, to be 68 % in cycle II, and 77 % in cycle III (4) The student’s ability in solving problem in cycle I special and satisfy level 16 student, cycle II 26 students, and cycle III 44 students (5) The average of mathematic achievement of students in cycle I = 62 and 63 % classical complete, the average cycle II = 64,14 and 74,15 % complete, the average in cycle III = 67 and 84 % complete.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:01
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir