PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP RESUME PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SDN 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Untung, DESI AYUNA (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP RESUME PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SDN 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1182Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (14Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah di kelas VA SDN 2 Metro Utara khususnya pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Group Resume. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes kemudian dianalisis dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa setiap siklus. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 66,72%, meningkat pada siklus II sebesar 71,25%, dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 79,53%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,53%, siklus II ke siklus III sebesar 8,28%. Begitu pula hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari nilai rata-rata 64,4 pada siklus I, menjadi 69,5 pada siklus II, dan 77 pada siklus III. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 5,1, siklus II ke siklus III sebesar 7,5. Kata kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar dan Model Cooperative Learning Tipe Group Resume.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:15
Terakhir diubah: 16 Jan 2014 07:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir