Muhammad Hafiz Wiratama, 1016031100 (2014) e-Leadership Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Yang Senjang Secara Digital (Studi Pada Guru Madrasah Aliyah Swasta di Kota Bandarlampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNILA.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstract.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hlm. Persetujuan.pdf Download (255Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hlm. Pengesahan.pdf Download (261Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf Download (242Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
San wacana.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Diagram.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (349Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab IV.pdf Download (323Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab V.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (606Kb) |
||
|
File PDF
Bab VI.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran-lampiran.pdf Download (1177Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Sejak tahun 1994 TIK menjadi mata pelajaran wajib di kurikulum sekolah mulai dari SD sampai SMA atau MAS. Faktanya dalam implementasinya dari tahun 1994 sampai sekarang terjadi kesenjangan di tiap-tiap sekolah yaitu kendala yang terjadi sekolah tidak memiliki laboratorium komputer dan internet, dan ketiadaan kepemimpinan teknologi (e-Leadership). Menurut Tan (2010) secara khusus meneliti 12 bukti empiris untuk menemukan peran kepemimpinan teknologi kepala sekolah (e-Leadership) dan menyimpulkan bahwa e-Leadership merupakan prediktor yang kuat dalam menentukan tingkat penggunaan teknologi di sekolahnya. Rumusan masalah ini adalah: 1) Apakah ada perbedaan Kepemimpinan Teknologi (e-Leadership) pada MAS Al-Hikmah, Muhammadiyah dan Al-Asy’ariyah Panjang di Kota Bandarlampung yang Senjang secara digital, 2) Apakah ada pengaruh kesenjangan digital terhadap Kepemimpinan Teknologi MAS Al-Hikmah, Muhammadiyah dan Al-Asy’ariyah Panjang di Kota Bandarlampung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perbedaan Kepemimpinan Teknologi di MAS di Kota Bandarlampung yang Senjang secara digital, 2) Mengetahui pengaruh Kepemimpinan Teknologi terhadap kesenjangan digital di MAS di Kota Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan Teori Chin dan Chang (2008). Populasi penelitian adalah 8 Madrasah Aliyah Swasta di Kota Bandarlampung dan sampel penelitian yang terpilih 3 Madrasah Aliyah Swasta yang senjang secara digital yaitu MAS Al-Hikmah sebagai kategori 1 (memiliki laboratorium komputer dan internet), MAS Muhammadiyah sebagai kategori 2 (memiliki laboratorium komputer dan tidak memiliki internet) dan MAS Al-Asy’ariyah Panjang sebagai kategori 3 (tidak memiliki laboratorium komputer dan internet), dengan unit analisisnya adalah guru di 3 MAS. Jumlah guru yang menjadi sampel adalah 68 guru. Hasil uji oneway anova menunjukan adanya perbedaan e-Leadership Kepala Sekolah Madrasah Aliya Swasta yang senjang secara digital di Kota Bandarlampung dimana nilai F hitung (23,873) > F tabel (2,35) maka H1 diterima. Hasil uji one sample test menunjukan adanya pengaruh kepemimpinan teknologi terhadap kesenjangan digital di Madrasah Aliyah Swasta Al-Hikmah dimana nilai T hitung (47,887) > T tabel (2,074), MAS Muhammadiyah dimana nilai T hitung (31,697) > T tabel (2,093) dan MAS Al-Asy’ariyah Panjang dimana nilai T hitung (45,449) > T tabel (2,064) maka H1 diterima. Kata kunci: Kepemimpinan Teknologi, Digital divide, TIK ABSTRACT Since 1994 ICT becomes a compulsory subject in the school curriculum from Elementary School through High School or Private Madrasah Aliyah. The facts is in its implementation from 1994 till present there's a divide between each school, it constraints that the school do not have a computer laboratory, internet and lack of technology leadership (e-leadership). Tan (2010) specifically examined there's 12 empirical evidence to find the role of Principal's in technology leadership and concluded that e-leadership was a strong predictor in determining the rate of technology used in school. The formulation of this problem are: 1) Is there a difference in technology leadership (e-leadereship) at PMA Al-Hikmah, Al-Muhammadiyah and Al-Asy'ariah Panjang in Bandar Lampung, 2) Are digital divide influenced technology leadership in Private Madrasah Aliyah Al-Hikmah, Al-Muhammadiyah and Al-Asy'ariah Panjang in Bandar Lampung. The purpose of this study is: 1) Knowing the difference of e-leadership in Private Madrasah Aliyah that digitally divide in Bandar Lampung, 2) Knowing the influence of e-leadership on the digital divide in Private Madrasah Aliyah. This study used Chin & Chang's Theory (2008). Population of this study is 8 Private Madrasah Aliyah in Bandar Lampung and 3 of digitally divide Private Madrasah Aliyah selected as sample, Al-Hikmah as Category No. 1, (has a computer lab and internet), Al-Muhammadiyah as Category No. 2 (has a computer lab and do not have internet) and Al-Asy'ariyah as Category No. 3 (do not have computer lab and internet), the unit of analysis is teacher in 3 Private Madrasah Aliyah. The number of teachers that selected as a sample is 68 teachers. Oneway Anova test results showed a difference of principal e-leadership in Private Madrasah Aliyah that digitally divide in Bandarlampung where F hitung (23.873) > F tabel (2,35), therefore H1 is accepted. The result of One Sample Test showed that there is an influence of the technological leadership with digital divide in Private Madrasah Aliyah Al-Hikmah in Bandar where T hitung (47.887) > T tabel (2.074), Al-Muhammadiyah where T hitung (31.697) > T tabel (2.093) and Al-Asy'ariyah Panjang where T hitung (45.449) > T Tabel (2.064), therefore H1 is accepted. Key words: e-leadership, digital divide, ICT
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 580603 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Oct 2014 07:47 |
Terakhir diubah: | 27 Oct 2014 07:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4786 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |