PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI STRATEGI SCAFFOLDING-KOOPERATIF

Merta Dhewa Kusuma, 0913022052 (2013) PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI STRATEGI SCAFFOLDING-KOOPERATIF. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. Cover.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Mengesahkan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Surat Pernyataan...pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Riwayat hidup.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Motto.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Persembahan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. SANWACANA.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (260Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (378Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (525Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Dapus.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang cukup sulit. Anggapan inilah yang membuat siswa kurang memiliki rasa keingintahuan dan sikap kritis terhadap fisika sehingga sikap ilmiah siswa rendah, dan berdampak pada rendahnya hasil belajar fisika dan kemandirian belajar siswa. Untuk itu dilakukan penelitian untuk melihat sikap ilmiah yang baik dapat mempengaruhi hasil belajar fisika dan kemandirian belajar siswa yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika siswa SMA melalui strategi Scaffolding-kooperatif; (2) pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap kemandirian belajar siswa SMA melalui strategi Scaffolding-kooperatif. Strategi Scaffolding-kooperatif merupakan strategi berbantuan oleh guru kepada siswa secara berkelompok dalam proses pembelajaran di kelas sehingga siswa dapat saling berinteraksi dengan teman sekelompok dan dapat mendorong sikap ilmiah siswa lebih tinggi. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Tunas Harapan Bandarlampung pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013 Merta Dhewa Kusuma yang berjumlah 20 orang. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Pertimbangannya adalah karena hanya ada satu kelas XI IPA di SMA Tunas Harapan Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan adalah: (1) ada pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika siswa SMA melalui strategi Scaffolding-kooperatif; (2) ada pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap kemandirian belajar siswa SMA melalui strategi Scaffolding-kooperatif. Persentase rata-rata sikap ilmiah siswa adalah sebesar 67% dengan kategori tinggi. Sedangkan rata-rata nilai belajar siswa adalah sebesar 66 dengan kategori tinggi. Untuk kemandirian belajar, persentase rata-rata kemandirian belajar siswa adalah sebesar 66% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, sikap ilmiah siswa yang tinggi dapat mempengaruhi hasil belajar dan kemandirian belajar siswa yang tinggi pula. Kata kunci: sikap ilmiah, hasil belajar, kemandirian belajar, strategi Scaffolding-kooperatif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 08 Dec 2014 08:01
Terakhir diubah: 08 Dec 2014 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5627

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir