Supardi, Siti Komariah (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT PADA MATERI IKATAN KIMIA, TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA (PTK pada Siswa Kelas X2 SMA Budaya Bandar Lampung TP 2010-2011). Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (176Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (286Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (219Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (254Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
Archive
lampiran.zip - Published Version Download (5Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SMA Budaya Bandar Lampung, diperoleh data rata-rata nilai penguasaan konsep pada materi pokok ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 adalah 56,6 dan siswa yang memperoleh nilai 60 hanya 40%. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa yang telah mencapai nilai 60. Aktivitas on task siswa selama pembelajaran masih rendah. Upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi ini dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik NHT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan persentase: (1) setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep, dan (3) ketuntasan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke Siklus III secara berurutan: (1) rata-rata setiap jenis aktivitas on task siswa untuk aktivitas (i) bertanya pada guru sebesar 14,17% dan 7,5%; (ii) mengemukakan pendapat sebesar 8,75% dan 10%; (iii) menjawab pertanyaan dari guru sebesar 10% dan 16,75%; dan (iv) aktif dalam diskusi kelompok sebesar 11,92% dan 6,25%; (2) rata-rata penguasaan konsep kimia siswa sebesar 5,83% dan 17,42%; dan (3) jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 10,25% dan 7,60%. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif teknik NHT; aktivitas on task; penguasaan konsep, ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > Q Science (General) > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 20 Jan 2014 03:43 |
Terakhir diubah: | 20 Jan 2014 03:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/565 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |