PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT PADA MATERI IKATAN KIMIA, TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA (PTK pada Siswa Kelas X2 SMA Budaya Bandar Lampung TP 2010-2011)

Supardi, Siti Komariah (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT PADA MATERI IKATAN KIMIA, TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA (PTK pada Siswa Kelas X2 SMA Budaya Bandar Lampung TP 2010-2011). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (286Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (219Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (254Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img] Archive
lampiran.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SMA Budaya Bandar Lampung, diperoleh data rata-rata nilai penguasaan konsep pada materi pokok ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 adalah 56,6 dan siswa yang memperoleh nilai  60 hanya 40%. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa yang telah mencapai nilai  60. Aktivitas on task siswa selama pembelajaran masih rendah. Upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi ini dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik NHT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan persentase: (1) setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep, dan (3) ketuntasan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke Siklus III secara berurutan: (1) rata-rata setiap jenis aktivitas on task siswa untuk aktivitas (i) bertanya pada guru sebesar 14,17% dan 7,5%; (ii) mengemukakan pendapat sebesar 8,75% dan 10%; (iii) menjawab pertanyaan dari guru sebesar 10% dan 16,75%; dan (iv) aktif dalam diskusi kelompok sebesar 11,92% dan 6,25%; (2) rata-rata penguasaan konsep kimia siswa sebesar 5,83% dan 17,42%; dan (3) jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 10,25% dan 7,60%. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif teknik NHT; aktivitas on task; penguasaan konsep, ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> Q Science (General)
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 20 Jan 2014 03:43
Terakhir diubah: 20 Jan 2014 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir