IDENTIFIKASI KENDALA-KENDALA PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMP SE-KABUPAEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2018/2019

Apsah Gatin Lestari, 1413024009 (2019) IDENTIFIKASI KENDALA-KENDALA PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMP SE-KABUPAEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2018/2019. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1695Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1463Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kendala-kendala pendidik dalam pembelajaran IPA terpadu di SMP se-Kebupaten Pringsewu tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pendidik yang mengajar IPA di SMP se-Kabupaten Pringsewu sebanyak 30 pendidik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif. Jenis data berupa data primer yaitu dari hasil penyebaran angket dan wawancara kendala pendidik dalam pembelajaran IPA terpadu, serta biodata pendidikan pendidik. Data kemudian dihitung dalam bentuk persentase dan dianalisis secara deskriptif dalam bentuk kriteria. Hasil penelitian menunjukkan kendala-kendala pendidik IPA terpadu dalam aspek perencanaan pembelajaran IPA terpadu dengan indikator mengembangkan kurikulum, bahan mengajar, model dan strategi pembelajaran tergolong kriteria rendah. Kendala dalam aspek pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu dengan indikator kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan tempat pembelajaran tergolong krieria rendah. Selanjutnya pada aspek penialain dengan indikator perencanaan penilaian dan pelaksaan penilaian memiliki kriteria rendah. Kemudian pada aspek latar belakang pendidikan pendidik dengan indikator perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran tergolong kriteria rendah. Dengan demikian, kendala pendidik dalam merencanakan pembelajaran IPA terpadu, melaksanakan pembelajaran IPA terpadu, penilaian pembelajaran IPA terpadu, dan latar belakang pendidikan dengan kriteria rendah. Kata kunci: IPA terpadu, kendala, pembelajaran, pendidik IPA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:50
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57484

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir