Era Ariyani, 1413024033 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK(1).pdf Download (81Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2072Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1686Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi sains dan berpikir kreatif peserta didik. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIIK dan VIIL yang berjumlah 59 orang, dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-postest control group design. Data kemampuan komunikasi sains diperoleh menggunakan lembar penilaian observasi dan data kemampuan berpikir kreatif diperoleh melalui nilai pretest-posttest dan lembar penilaian produk kreatif. Data hasil penelitian berupa data kualitatif, menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi sains peserta didik, baik secara lisan maupun tertulis pada kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Data menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen memiliki kemampuan komunikasi lisan dengan kriteria “baik”, sedangkan pada kemampuan komunikasi tertulis dengan kriteria “cukup”. Selain iii itu, data kualitatif dari hasil analisis menunjukkan pula bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui produk yang dikerjakan dikategorikan “cukup” kreatif. Data kuantitatif berupa rerata nilai pretest, posttest, dan N-gain kemampuan berpikir kreatif yang dianalisis secara statistik menggunakan uji Independent Sample t-Test dan uji Mann-Whitney dengan taraf kepercayaan 0,05 menunjukkan pengaruh yang signifikan. Rerata N-gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,30 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,10. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi sains dan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Berpikir kreatif, Komunikasi sains, Model PjBL
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 22:51 |
Terakhir diubah: | 02 Apr 2022 22:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57513 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |