PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIISMPN 22 BANDAR LAMPUNG

HANIFAH NURMIRA TAMA, 1413024037 (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIISMPN 22 BANDAR LAMPUNG. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK(1).pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2808Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2204Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi sains dan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu pretest-posttest non equivalent control group.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 22 Bandar Lampung yang terbagi ke dalam 9 kelas.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII.I sebagai kelas eksperimen dan VII.B sebagai kelas kontrol. Pengaruh PjBL dibuktikan melalui nilai N-gainyang dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test serta hasil lembar observasi kemampuan komunikasi sains dan berpikir kreatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi secara tertulis diperoleh dengan kriteria baik dengan perolehan rata-rata sebesar 84 dan kemampuan komunikasi secara lisan juga diperoleh dengan kriteria baik dengan perolehan rata-rata sebesar 84,8, serta kemampuan berpikir kreatif (kognitif) peserta didik (N-gain) diketahui bahwa nila sig. (2-tailed) < 0.05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan pada kelas kontrol dan eksperimen, dan untuk hasil kemampuan berpikir kreatif (produk kreatif) diperoleh kriteria baik, dengan perolehan rata-rata sebesar 85. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model Project Based Learningberpengaruh terhadapkemampuan komunikasi sains dan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci:project based learning, kemampuan komunikasi sains, kemampuan berpikir kreatif, pencemaran lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:51
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57572

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir