EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

KARTIKA MEI LINDA, 1513024025 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1751Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1752Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Al-Kautsar Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIA 1 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data keterampilan komunikasi lisan dilakukan dengan self assessment, peer assesment dan observasi, sedangkan data keterampilan komunikasi tertulis dilakukan dengan self assessment dan observasi yang dianalisis menggunakan skala Likert. Kemudian, data hasil belajar kognitif diperoleh melalui nilai pretes dan postes, kemudian dianalisis dengan melakukan uji N-gain score. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki keterampilan komunikasi lisan dan komunikasi tertulis dengan kategori “tinggi” yaitu sebesar 77%. Keterampilan komunikasi lisan peserta didik yang tertinggi terdapat pada indikator penyampaian informasi secara detail dengan kategori “sangat tinggi” sebesar 86%, sedangkan keterampilan komunikasi terendahnya terdapat pada indikator memberikan pertanyaan dengan kategori “cukup” dengan persentase sebesar 74%. Sedangkan untuk keterampilan komunikasi tertulis peserta didik yang tertinggi terdapat pada indikator penulisan tanda baca secara benar dengan kategori “sangat tinggi” sebesar 88%, sedangkan keterampilan komunikasi terendahnya terdapat pada indikator menulis informasi secara singkat dan indikator menghubungkan penjelasan dengan grafik/gambar dengan kategori “cukup” sebesar 72%. Hasil belajar peserta didik menunjukan adanya perbedaan nilai antara pemahaman awal (pretes) dengan pemahaman setelah pembelajaran (postes). Terbukti sebanyak 69% peserta didik memperoleh N-gain “tinggi” dengan skor 0,73. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif. iii

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:53
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57629

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir