SAMANTHA TIARA PUTRI, 1313024081 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DENGAN MODEL ARGUMENT- DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2248Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1782Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik buku penuntun praktikum yang telah ada, menghasilkan dan mendeskripsikan karakteristik buku penuntun sistem pernapasan manusia dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk siswa SMP, kondisi optimum alat, bahan, dan prosedur praktikum sistem pernapasan manusia, penilaian pendidik, respon siswa, dan keterlaksanaan buku penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dan model 4-D oleh Thiagarajan dkk (1974) yaitu define, design, develop, dan disseminate, tetapi penelitian ini dilakukan sampai tahap develop. Penelitian ini menggunakan empat macam data yaitu data hasil validasi ahli dan guru, data hasil angket respon siswa, data hasil optimasi buku penuntun praktikum, dan data hasil observasi keterlaksanaan buku penuntun praktikum. Buku penuntun praktikum sistem pernapasan manusia yang telah dikembangakan menunjukkan hasil uji validasi oleh ahli mendapatkan persentase rata-rata yaitu iii 85% dan validasi oleh guru mendapatkan persentase 91% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji respon siswa memperoleh persentase rata-rata 95% berkategori “Sangat Baik”. Kemudian, hasil optimasi masing-masing percobaan memperoleh skor 4. Selanjutnya, hasil uji keterlaksanaan praktikum pada praktikum organ pernapasan manusia memperoleh persentase rata-rata 94%, praktikum kapasitas vital paru-paru manusia 92,5%, gangguan dan penyakit sistem pernapasan manusia 95,5% dengan kategori “Hampir Seluruh Kegiatan Terlaksana”. Dengan demikian, buku penuntun praktikum sistem pernapasan manusia dengan model ADI yang dikembangkan telah valid dan praktis untuk digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Kata kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, pengembangan, sistem pernapasan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 03:20 |
Terakhir diubah: | 05 Apr 2022 03:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57815 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |