PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MEMANFAATKAN EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019)

Santi Mulya Ningsih, 1413021067 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MEMANFAATKAN EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3150Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3152Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning yang memanfaatkan edutainment terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel panelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebanyak 31 siswa dan X IPA 2 sebanyak 32 siswa, yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian menggunakan uji Mann-Whitney U dengan = 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas problem based learning yang memanfaatkan edutainment lebih tinggi daripada siswa pada kelas problem based learning. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa model problem based learning yang memanfaatkan edutainment berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Edutainment, Komunikasi Matematis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:08
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57923

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir