PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM

YULIA UJI TABA, 1513024001 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3580Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3582Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII pada materi pokok ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan pretest posttest non equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIG sebagai kelas Eksperimen dan VIIH sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa literasi sains peserta didik yang diperoleh dari skor pretest dan posttest dianalisis secara statistik dengan uji independent sample t-test dan data kualitatif berupa hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning dianalisis secara deskriptif. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,00 (p)<0,05) yang berarti bahwa model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap iii kemampuan literasi sains. Selain itu, hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning memiliki kriteria tanggapan yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok ekosistem. Kata Kunci : discovery learning, ekosistem, kemampuan literasi sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:50
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 04:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57970

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir