PENGARUH DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

NURLIDA TRI APRIA PUTRI, 1413024059 (2019) PENGARUH DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2414Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2416Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Discovery Learning terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Bandar Lampung berjumlah 316 orang. Sampel penelitian adalah siswa dari 2 kelas yaitu kelas VII D dan VIII F yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai pretes dan postes. Sementara, data kualitatif berupa aktivitas dan hasil angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran discovery. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Uji prasyarat Independent Sample t-Test berupa normalitas menggunakan One Sample Kolmogorof Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan Levene Test dari nilai pretes dan postes. Data aktivitas belajar dan tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model Discovery Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Model Discovery Learning berpengaruh terhadap aktivitas belajar peserta didik dan model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil belajar kognitif kelas ekperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Kata kunci: aktivitas, Discovery Learning, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:35
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57992

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir