PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS PENGAMATAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 13 BANDAR LAMPUNG

Kiki Nuririski, 1513024073 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS PENGAMATAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 13 BANDAR LAMPUNG. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penerapan dari penggunaan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 SMAN 13 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian quasi experiment ini menggunakan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh dari nilai pretest dan postest yang dianalisis menggunakan uji Independent Samples t-Tes dan data lembar observasi psikomotorik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model CIRC berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,46) dibandingkan iii dengan kelompok kontrol (0,33). Kemudian model pembelajaran CIRC juga berpengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik dengan aspek keterampilan yang sangat tinggi pada kelompok eksperimen dan tinggi pada kelompok kontrol. Kata kunci: hasil belajar kognitif, psikomotorik peserta didik, CIRC

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:35
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58039

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir