PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENSTIMULASI PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA SMP

NISWATUL KHOIRIYAH, 1513022039 (2019) PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENSTIMULASI PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (881Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (882Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk menstimulasi penguasaan konsep adalah pendekatan pembelajaran STEM. Hal tersebut efektif jika didukung dengan bahan ajar berupa komik fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development. Telah dilakukan uji validasi yang terdiri dari uji ahli desain serta uji ahli materi dan produk dinyatakan valid serta layak digunakan. Uji kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan dilakukan oleh siswa dan diperoleh hasil kemenarikan dengan 3,38, kemudahan dengan skor 3,38 dan kemanfaatan 3,31. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMPN 3 Terbanggi Besar. Penelitian ini dilakukan menggunakan one group pre post design. Data diuji dengan analisi N-gain, uji normalitas, dan paired sample t. Hasil dari uji nilai paired sample t diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan komik fisika berbasis STEM terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain kemampuan penguasaan konsep Niswatul Khoiriyah diperoleh sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Sehingga penggunaan komik fisika berbasis STEM ini mampu menstimulasi penguasaan konsep siswa. Kata kunci: Komik Fisika, Penguasaan Konsep, STEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:53
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58134

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir