LELI HARTINA, 1513022021 (2019) PENGARUH PENERAPAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LABORATORIUM REAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2916Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2862Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan instrumen performance assessment pada pembelajaran IPA berbasis laboratorium real terhadap hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Negeri 3 Natar. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest- Posttest dan One Shot Case Study Design. Data penelitian diambil dari tes awal, tes akhir, dan insrumen Performance Assessment yang hasilnya diuji menggunakan One Sample T-Test dan Paired Sample T-Test. Hasil uji One Sample T-Test yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf kepercayaan 95% penggunaan instrumen performance assessment pada pembelajaran IPA berbasis laboratorium real terhadap kemampuan psikomotor yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan psikomotor siswa 75. Nilai n-gain yang diperoleh rata-rata n-gain nilai pretest dan posttest kemampuan kognitif siswa sebesar 0,45 dengan kriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah proses pembelajaran Leli Hartina dengan menggunakan instrumen performance assessment pada pembelajaran IPA berbasis laboratorium real dan berdasarkan uji paired sample t-test terdapat perbedaan yang signifikan pada taraf kepercayaan 95% antara rata-rata hasil pretest dan posttest, yaitu sebesar 39,84 pada hasil belajar kemampuan kognitif menggunakan instrumen performance assessment. Kata kunci: Instrumen Performance Assessment, Laboratorium Real, Hasil Belajar Siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:44 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2022 02:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58165 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |