IMPLEMENTASI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS LCDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI RADIASI BENDA HITAM

DIAN PERTIWI, 1513022008 (2019) IMPLEMENTASI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS LCDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI RADIASI BENDA HITAM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1494Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1441Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran kelas XII pada umumnya berupa buku cetak dari sekolah. Materi radiasi benda hitam yang tersedia pada buku cetak masih bersifat abstrak sehingga sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah belajar menggunakan BSE interaktif, mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan BSE interaktif dengan BSE non-interaktif sebagai suplemen pembelajaran radiasi benda hitam, mengetahui effect size pemanfaatan BSE interaktif terhadap BSE non-interaktif, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pemanfaatan BSE interaktif radiasi benda hitam. Pembelajaran dilakukan dengan mengoperasikan BSE interaktif pada laptop. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil proses pembelajaran berupa data pre-test dan post-test. Sedangkan data respon siswa terhadap pemanfaatan BSE interaktif diperoleh dari angket dengan menggunakan skala Likert. Pembelajaran menggunakan BSE interaktif meningkatkan Dian Pertiwi iii kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan BSE interaktif dibandingkan dengan yang menggunakan BSE non-interaktif secara signifikan pada taraf kepercayaan 95% dengan nilai N-gain 0,64 untuk kelas yang menggunakan BSE interaktif dan 0,53 untuk kelas yang menggunakan BSE non-interaktif. Effect size pemanfaatan BSE interaktif dibandingkan dengan BSE non-interaktif dikategorikan tinggi dengan nilai Cohen’s d sebesar 1,78. Respon siswa terhadap pemanfaatan BSE interaktif positif, dengan persentase 85,7%. Kata kunci : BSE interaktif, LCDS, berpikir kritis, radiasi benda hitam

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:43
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58177

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir