PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA SISWA SMA

CAHAYA SUKMA PUTRI, 1513022056 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1160Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1161Kb) | Preview

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu keterampilan yang harus dilatihkan dan dimiliki oleh setiap siswa di abad 21 sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah fisika siswa pada materi karakteristik gelombang mekanik. Model penelitian kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control grup design, serta sampel penelitian yaitu 60 siswa kelas XI SMAN 4 Bandarlampung dipilih dengan teknik stratified random sampling. Pengaruh model CPS terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil analisis N-gain dan effect size, hasil menunjukkan bahwa pada kedua kelas mengalami peningkatan berkategori sedang dengan N-gain kelas A sebesar 0,39 dan kelas B sebesar 0,47, serta besar pengaruhnya berkategori sedang dalam yang dapat dilihat dari hasil analisis effect size sebesar 0,50. Kata kunci: creative problem solving, kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:07
Terakhir diubah: 16 Apr 2022 02:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58200

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir