KENDALA GURU GEOGRAFI DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DI SMA NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG

Inggit Winarsih, 1713034014 (2022) KENDALA GURU GEOGRAFI DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DI SMA NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3142Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dialami oleh guru geografi dalam pelaksanaan penilaian autentik di SMA Negeri Kota Bandar Lampung. Yaitu kendala yang disebabkan oleh pemahaman guru, kendala yang disebabkan oleh pelatihan penilaian autentik, kendala yang disebabkan oleh sarana dan prasarana, kendala yang disebabkan oleh alokasi waktu dan kendala yang disebabkan oleh aspek penilaian yang terlalu luas. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan menggunakan strategi studi naratif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Bandar Lampung, SMA Negeri 4 Bandar Lampung, SMA Negeri 9 Bandar Lampung, SMA Negeri 11 Bandar Lampung. Analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis data deksriptif tanpa rumusan statistik, dimana data yang diperoleh dari hasil wawancara terkait kendala pelaksanaan penilaian autentik akan dianalisis berdasarkan argumen logika dan diuraikan dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). secara keseluruhan pemahaman guru geografi di SMA Negeri Kota Bandar Lampung dapat dikatakan cukup, karena masih ada guru yang belum memahami makna dari penilaian autentik namun pelaksanaan penilaian autentik terlaksana dengan baik di masing-masing sekolah. 2). Pelatihan guru masih menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik karena secara keseluruhan guru belum mendapat pelatihan mengenai penilaian autentik secara spesifik dan mendalam. 3). Sarana dan prasarana masih menjadi kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik di SMA Negeri 11 Bandar Lampung. 4). Alokasi waktu yang disediakan sekolah menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik. 5). Aspek yang dinilai dalam penilaian autentik dirasa terlalu luas dan rumit. Kata Kunci : Kendala, Penilaian Autentik, Guru Geografi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2203383476 . Digilib
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:19
Terakhir diubah: 07 Apr 2022 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58682

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir