MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR

DEWI ASIH SUGIYANTI, 1513069051 (2019) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2983Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2839Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas II SD Negeri 2 Jatibaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik melalui penerapan metode Role Playing pada peserta didik kelas II SD Negeri 2 Jatibaru. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan peserta didik. Hasil penelitian aktivitas peserta didik siklus I persentase keaktifan peserta didik mencapai 59,09 % peserta didik yang aktif. Pada Siklus II persentase keaktifan peserta didik pada pembelajaran Siklus II mencapai 86,36 %. Peningkatan aktivitas peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu 27,27%. Hasil penelitian hasil belajar peserta didik siklus I terdapat 16 orang peserta didik tuntas belajar atau 72,73 %. Pada hasil belajar Siklus II terdapat 18 orang peserta didik tuntas belajar atau 81,82 %. Hal ini terdapat peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke Siklus II mencapai 9,09%. Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, role playing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:26
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59061

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir