PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRE SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN SELF CONFIDANCE SISWA

Dimas Alfarisyi, 1823021019 (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRE SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN SELF CONFIDANCE SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Dimas Alfarisyi fix.pdf

Download (369Kb) | Preview
[img] File PDF
Tesis Tanpa Lampiran.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (996Kb)
[img]
Preview
File PDF
Dima Tesis Tanpa Pembahasan ok.pdf

Download (1374Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Terdapat 5 standar kemampuan yang diukur dalam matematika, salah satunya adalah kemampuan komunikasi matematika. Self Confidance memiliki peran penting terhadap kemampuan komunikasi matematika. Self confidance akan membuat siswa memiliki rasa kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Sehingga akan mendorong siswa untuk berani menyampaikan ide/gagasan yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk berupa model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan self confidance siswa. Subjek pada penelitian ini dipilih dengan teknik random sampling dengan memilih dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket self confidance dan tes kemampuan komunikasi matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial Berdasarkan hasil validasi dan uji kepraktisan diperoleh bahwa produk pengembangan model pembelajaran think paire share memiliki kriteria valid dan sangat praktis. Produk pengembangan tersebut selanjutnya digunakan dalam proses pembelajaran pada uji coba lapangan. Hasilnya pembelajaran dengan menggunakan produk pengembangan model think paire share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan self confidance (kepercayaan diri) siswa. Beberapa faktor peningkatan pembelajaran tersebut dipengaruhi oleh adanya penambahan kegiatan pada proses pembelajaran yaitu reinforcement, writing (menulis) dan refleksi. Kegaiatan reinforcement digunakan untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimiliki siswa. Sedangkan writing dan refleksi digunakan untuk melatih siswa dalam menyampaikan ide atau gagasan yang dimilikinya baik secara tertulis atau lisan. Kata Kunci: Think paire Share, Komunikasi Matematika, Self Confidance

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2203552111 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:30
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59104

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir