PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 9 METRO BARAT

Dwi Martati Lofa, 0913099005 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 9 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2558Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2559Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN 9 Metro Barat pada semester I TP. 2018/2019, dengan hanya mencapai ketuntasan belajar sebesar 30,77% (8 dari 26 peserta didik) dari KKM yang di tetapkan (> 66) . Hal ini disebabkan karena: (1) pembelajaran masih bersifat klasikal; (2) pembelajaran didominasi dengan metode ceramah; (3) pembelajaran dilaksanakan tanpa dibantu dengan alat peraga. Kemudian, peneliti melaksanakan penelitian kulitatif ini, dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang tujuannya meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik, dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SDN 9 Metro Barat TP. 2018/2019. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan model Problem Based Learning (PBS) dengan Media Power Point terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik kelas IV semester genap di SD Negeri 9 Metro Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan proses belajar maupun hasil belajar peserta didik dari sebelum penelitian, pada saat penelitian siklus 1, dan siklus 2. Peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik sangat beragam tergantung kemampuan peserta didik masing-masing. Meskipun masih terdapat 2 peserta didik yang belum memenuhi KKM tetapi nilai yang dicapai peserta didik tersebut sudah cukup baik dan mengalami peningkatan selama peneliti melaksanakan tindakan di kelas. Kata kunci: problem based learniang, power point

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:19
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 03:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59201

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir