PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORATIF PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Waskita Nuidhar Inayati, 1713022045 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORATIF PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (11Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis problem pada materi gelombang bunyi untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaboratif siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Design & Development Reasearch (DDR), yang terdiri dari 4 tahap yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan pada tahap analysis didapatkan informasi mengenai kesulitan pembelajaran diantaranya kurangnya representasi secara visual dalam bahan ajar, pembelajaran di kelas tidak melakukan praktikum, dan materi gelombang bunyi yang abstrak. Oleh karena itu peneliti mengembangkan e-modul berbasis problem yang didalamnya terdapat aktivitas pembelajaran yang dapat mstimulus keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif siswa. Pada tahap design peneliti mengumpulkan referensi untuk pembuatan e-modul, membuat storyboard dan mendesain konten e-modul serta membut instrumen kevalidan produk, keterbacaan, persepsi guru, dan respon siswa. Pada tahap development dilakukan uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Kevalidan produk dinilai oleh 3 orang ahli dengan hasil skor rata-rata sebesar 3,85 dengan kategori valid. Kepraktisan produk terdiri dari keterbacaan dan persepsi guru tentang kesesuaian kegiatan berbasis problem dalam e-modul, diperoleh persentase rata-rata sebesar 85% terkategori praktis. Keefektifan produk ditinjau berdasarkan respon siswa terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaboratif yang dilatihkan setelah menggunakan e-modul, dengan persentase keefektifan produk sebesar 75% terkatergori efektif. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan terkategori valid, praktis dan efektif untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaboratif siswa pada materi gelombang bunyi. Kata kunci: E-modul, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Kolaboratif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2203855365 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:52
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59778

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir