PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VA SDN 3 KEBAGUSAN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Zainuddin, Apriyana (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VA SDN 3 KEBAGUSAN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (323Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (222Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN 3 Kebagusan Pesawaran khususnya pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika melalui pengguaan model pembelajaran contextual teaching and learning(CTL) dengan media realia. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), Tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, kualitatif dan t test. Persentase aktivitas siswa siklus 1 adalah 61,01%, siklus II meningkat menjadi 70,00%, dan siklus III meningkat menjadi 82,75%. Hasil belajar siswa dengan KKM >55 siklus I adalah 17,39%, siklus II meningkat menjadi 60,87%, dan siklus III meningkat 82,61%. Peningkatan hasil belajar siswa didukung dengan uji perbedaan nilai tes formatif menggunakan uji t pada siklus I dan II diperoleh thitung 5,01 > ttable 2,074, siklus II dan III diperoleh hasil thitung 8,49 > ttable 2,074 pada α=0,05.Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dengan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: model CTL, media realia, aktivitas, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:01
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir