Risky Kurniawan, 1013022010 (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SAINS DENGAN ADOBE FLASH BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. Abstrak.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. cover dalam.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3 Persetujuan.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. pengesahan.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. pernyataan.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat hidup.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Sanwacana.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR ISI .pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (406Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (346Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (504Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan pada siswa kelas VII SMP Negeri I Trimurjo yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia berbasis TIK yang bermuatan nilai Ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Kurang pekanya siswa terhadap nilai-nilai Ketuhanan saat ini menyebabkan turunnya kualitas moral seperti banyaknya siswa yang ikut terjerumus dengan penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas. Sehingga diperlukan media yang dapat mengurangi dampak tersebut. Pengembangan multimedia pembelajaran diawali dengan mencari potensi dan masalah, selanjutnya dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi, membuat desain produk yang diinginkan, validasi desain, kemudian merevisi desain, uji coba satu lawan satu pada produk, kemudian di revisi kembali dengan bantuan ahli desain dan ahli materi, melakukan uji coba pemakaian, revisi akhir, dan terakhir produksi massal. Sebelum dihasilkan produk final, terlebih dahulu produk diuji di lapangan. Uji lapangan dilakukan di SMP Negeri 1 Bandar Lampung, kelas VII 3 dengan jumlah siswa sebanyak 31. Hasil uji produk menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan memiliki nilai kemenarikan dengan skor 3,30 (sangat menarik), kemudahan dengan skor 3,33 (sangat mudah) dan kemanfaatan dengan skor 3,54 (sangat bermanfaat). Keefektifan multimedia pembelajaran dalam pembelajaran dengan penilaian pengetahuan sebanyak 83,87% siswa telah mencapai KKM, sedangkan 16,13% siswa tidak tuntas. Kemudian pada penilaian sikap spiritual 100% siswa mencapai KKM. Akan tetapi, pada sikap sosial terdapat 83,87% telah tuntas dan 16,13% siswa tidak mencapai KKM. Pada penilaian keterampilan, siswa yang mencapai KKM sebanyak 80,65% dan sisanya 19,35% tidak tuntas. Kata kunci: Multimedia, Pembelajaran Sains, Nilai Ketuhanan, dan Kecintaan terhadap Lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 3781190 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Dec 2014 07:38 |
Terakhir diubah: | 22 Dec 2014 08:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5990 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |