PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK

MIRZA NOPRIAN UTAMA, 1013022050 (2014) PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Pengeeahan.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
menyetujui.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sanwacana.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab I.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab II.pdf

Download (725Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III.pdf

Download (894Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (407Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (166Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Media pembelajaran digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung efektif, efisien, dan menarik. Dalam Kurikulum 2013 scientific approach merupakan pendekatan yang harus digunakan oleh guru dalam penyampaian materi pada proses pembelajaran. Penggunaan scientific approach yang biasa digunakan sebagai pendekatan dalam proses pembelajaran akan memudahkan siswa ketika scientific approach dituangkan dalam sebuah buku siswa. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang telah dilakukan di SMP Negeri 3 Pringsewu. Media pembelajaran yang digunakan hanya berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan belum tersedia buku pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran. Menindaklanjuti masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu menghasilkan buku siswa pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik pada materi pokok Cahaya dan Alat Optik untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pringsewu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Dalam memproduksi buku siswa ini terdiri dari beberapa tahapan penting yaitu: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk i, uji coba pemakaian, revisi produk ii dan produksi masal. validasi produk dilakukan oleh ahli desain media pembelajaran dan ahli isi/materi. Sedangkan uji satu lawan satu dilakukan terhadap 2 orang siswa dan uji lapangan dilakukan terhadap 28 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pringsewu. Hasil uji internal diperoleh beberapa saran perbaikan dari penguji dan setelah dilakukan perbaikan sesuai saran-saran dari penguji, buku siswa yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji eksternal menunjukkan buku siswa memiliki kualitas kemenarikan sangat baik dengan kategori skor 3,50, kualitas kemudahan baik dengan kategori skor 3,52, kualitas kebermanfaatan sangat baik dengan kategori skor 3,40, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yaitu mencapai 75,4 % siswa tuntas KKM. KKM di SMP Negeri 3 Pringsewu sebesar 70. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan buku siswa pembelajaran fisika dengan scientific approach yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas: menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: buku siswa, pengembangan, dan scientific approach.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 7847510 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2014 06:32
Terakhir diubah: 23 Dec 2014 06:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6002

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir