Alma Aliya Jacinda, 1713024007 (2021) PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS XI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG MELALUI DISKUSI INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI EDPUZZLE. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Alma Aliya Jacinda_1713024007 - Alma Aliyaa.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
File PDF
Full tanpa Lampiran_Alma Aliya Jacinda_1713024007 - Alma Aliyaa.pdf Restricted to Hanya staf Download (1347Kb) |
||
|
File PDF
Full tanpa Pembahasan tanpa Lampiran_Alma Aliya Jacinda_1713024007 - Alma Aliyaa.pdf Download (1207Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan HOTS peserta didik kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung dalam pembelajaran materi pokok sistem reproduksi manusia menggunakan diskusi interaktif melalui Aplikasi EdPuzzle. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 30 orang, diambil dengan teknik purposive sampling. Data Peningkatan HOTS diperoleh melalui pretest dan posttest, yang hasilnya dianalisis menggunakan uji-t berpasangan (Paired Sample t-Test) dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 25. Pendapat siswa tentang pembelajaran melalui diskusi interaktif dan Aplikasi EdPuzzle dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan bantuan Microsoft Excel Version 16.49. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan HOTS peserta didik sebelum dan setelah penerapan pembelajaran melalui diskusi interaktif menggunakan Aplikasi EdPuzzle pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) 0 < 0,05 an rerata N-gain sebesar 0,41 dengan kriteria sedang. Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan, sebagian besar peserta didik setuju dengan pembelajaran diskusi interaktif menggunakan Aplikasi EdPuzzle yang diterapkan oleh peneliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik oleh pembelajaran berorientasi diskusi Interaktif menggunakan Aplikasi EdPuzzle dan pembelajaran seperti ini dapat diterima baik oleh peserta didik. Kata kunci: diskusi interaktif, EdPuzzle, Higher Order Thinking Skills The purpose of this research was to examine the increase HOTS of students at XI grade in YP Unila Senior High School Bandar Lampung with interactive discussion learning using the EdPuzzle Application on human reproductive system material. This research was conducted on even semester. The design of this research was the one group pretest-posttest design. The research sample was 30 students of class XI MIPA 2, that taken by purposive sampling technique. HOTS improvement data was obtained through pretest and posttest, the results of which were analyzed using Paired Sample t-Test with IBM SPSS Statistics Version 25. Student opinions about learning through interactive discussion and EdPuzzle Application were collected using a ques- tionnaire and analyzed with Microsoft Excel Version 16.49. The results showed that there was a significant difference in students’ HOTS between before and after the implementation of learning through interactive discussion using EdPuzzle application at 0,05 significance level with sig (2-tailed) value was 0 < 0,05 and N-gain average was 0,41 in medium category. Based on the results of the ques- tionnaire responses, most of the students agreed with the interactive discussion learn- ing using the EdPuzzle Application that was applied by researcher. So it can be con- cluded that, there was an increase in students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS) by interactive discussion-oriented learning using the EdPuzzle application and this learning can be received well by students. Keyword: interactive discussion, EdPuzzle, Higher Order Thinking Skills
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 12 May 2022 07:20 |
Terakhir diubah: | 12 May 2022 07:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60977 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |