PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR ATOM MENGGUNAKAN SISTEM DARING

Venna Tristya Nafulani, 1613023021 (2021) PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR ATOM MENGGUNAKAN SISTEM DARING. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK - VENNA TRISTYA NAFULANI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL - VENNA TRISTYA NAFULANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2297Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - VENNA TRISTYA NAFULANI.pdf

Download (1973Kb) | Preview

Abstrak

This study aims to describe the perceptions of teachers and students towards learning the atomic structure material using an online system. The design of this study used descriptive qualitative research. The method used is a survey method with a research location at SMA Negeri 1 Tumijajar which research is conducted online through a questionnaire by making statements in Google Forms which are send to teachers and students via the web browser. The subjects of this study consisted of 36 students of class X IPA 3 and 1 chemistry teacher. The results showed that teacher and student perceptions of atomic structure learning, aspects of educational management tend to be positive, online learning makes students more independent, students are more confident to discuss through online learning and online learning is more efficient because it can be carried out anytime and anywhere. In the aspect of human resources, it tends to be positive, online learning is able to make students and teachers develop skills and knowledge about information and communication technology (ICT) and be able to use various learning applications such as PC and gadgets. While in the infrastructure aspect, teachers respond positively and students tend to be negative, this is because students still have unstable internet access problems so that it can hinder the process of online learning activities. The conclusion from the results obtained states that the majority of teachers' and students' perceptions of atomic structure learning using an online system are positive. Keyword : atomic structure, online learning, perception. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran materi struktur atom menggunakan sistem daring. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Tumijajar yang dilakukan penelitian secara online melalui angket kuesioner dengan cara membuat pernyataan-pernyataan dalam Google Form yang disebarkan kepada guru dan siswa melalui web. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas X IPA 3 sebanyak 36 siswa dan 1 guru kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran materi struktur atom, aspek manajemen pendidikan cenderung positif, pembelajaran daring membuat siswa menjadi lebih mandiri, siswa lebih percaya diri untuk berdiskusi melalui pembelajaran daring dan pembelajaran daring lebih efisien karena dapat dilaksanakan kapanpun dan di manapun. Pada aspek sumber daya manusia cenderung positif, pembelajaran daring mampu membuat siswa dan guru mengembangkan keterampilan dan pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan mampu menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran seperti PC maupun gadget. Sedangkan pada aspek infrastruktur guru merespon positif dan siswa cenderung negatif, hal tersebut dikarenakan siswa masih memiliki masalah akses internet yang tidak stabil sehingga dapat menghambat proses kegiatan pembelajaran daring. Kesimpulan dari hasil yang diperoleh menyatakan bahwa mayoritas persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran materi strutur atom mengunakan sistem daring adalah positif. Kata kunci : struktur atom, daring, persepsi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 12 May 2022 08:15
Terakhir diubah: 12 May 2022 08:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61006

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir