PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILLS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Siti Mardian Rahayu, 1923022005 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILLS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - SITI M.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - SITI M.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA SITI M.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILLS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Oleh SITI MARDIAN RAHAYU Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian keterampilan kolaborasi dan komunikasi project based learning untuk meningkatkan soft skill siswa yang valid, praktis, dan efektif. Desain pengembangan dil aksanakan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi menjadi 7 langkah pengembangan, yakni: (1) Research and information colletion; (2) Planning; (3) Product develop Preliminary; (4) Preliminary Field Testing; (5) Main Product Revision; (6) Main Field Testing; dan (7) Operational Product Revision. Subjek penelitian yaitu perangkat penilaian keterampilan kolaborasi dan komunikasi berbasis project based learning. Validasi produk oleh 4 orang ahli, subjek uji coba kelompok kecil yaitu 92 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dan SMKI Sunan Muria.,subjek uji coba kelompok luas yaitu 102 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Hasil analisis data uji validasi menunju kkan bahwa perangkat penilaian keterampilan kolaborasi dan komunikasi berbasis project based learning untuk meningkatkan soft skills valid secara kontruksi, subtansi dan bahasa dengan skor 82,3%, respon kepraktisan produk oleh 10 Guru sebesar 84,6% kategori sangat tinggi, keefektifan dengan nilai asymp sig (2-tailed) < α (0,05) dan tiap butir soal dinyatakan reliabel dengan skor Cronbach's Alpha instrumen penilaian diri untuk keterampilan kolaborasi dan komunikasi meningkatkan soft skills secara keseluruhan adalah 0.747, 0.746, dan 0.757. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat penilaian keterampilan kolaborasi dan komunikasi berbasis project based learning valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Soft skills, Keterampilan kolaborasi, keterampilan komunikasi, project based learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 13 May 2022 07:53
Terakhir diubah: 13 May 2022 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61043

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir