HAPSARI CATURIA NITA , NPM 1513024003 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Hapsari.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi_Hapsari_No_Pembahasan.pdf Download (1310Kb) | Preview |
|
File PDF
Skripsi_Tanpa_Lampiran.pdf Restricted to Hanya staf Download (1452Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penguasaan keterampilan berkomunikasi adalah faktor penting dalam memenangkan persaingan di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimental menggunakan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung dengan kelas VIII B sebagai sampel yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Data kemampuan komunikasi diperoleh melalui self assessment dan peer assessment selanjutnya dianalisis menggunakan uji effect size. Data hasil belajar kognitif diperoleh menggunakan tes (pretes dan postest) yang dinalisis menggunakan N-gain. Hasil penelitian pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tertulis berdasarkan uji Cohen’s d , dengan hasil efek sangat besar yaitu 2,736 dan 1,265. Pencapaian keterampilan komunikasi lisan dan tertulis terdapat pada kategori cukup. Indikator keterampilan komunikasi lisan tertinggi yaitu tidak memotong pembicaraan teman (72,53%) dan terendah adalah memberikan penjelasan secara langsung (63,16%). Indikator keterampilan komunikasi tertulis tertinggi yaitu penyampaian informasi secara akurat dan tepat (70,5%), adapun yang terendah adalah menggunakan tanda baca yang benar (62,2%). Adapun perolehan hasil penelitian dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik yaitu sebesar 4,699 (efek sangat besar). Kesimpulan dari penelitian ini ialah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 20 May 2022 07:43 |
Terakhir diubah: | 20 May 2022 07:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61449 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |