KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN (Studi di SMK Negeri 8 Bandar Lampung)

DIAN NOVITA DEWI, 1923012002 (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN (Studi di SMK Negeri 8 Bandar Lampung). Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (DIAN NOVITA DEWI-1923012002) - Alifa Soraya Nuryadika.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL THESIS (DIAN NOVITA-1923012002) - Alifa Soraya Nuryadika.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3480Kb)
[img]
Preview
File PDF
FULL THESIS TANPA PEMBAHASAN (DIAN NOVITA-1923012002) - Alifa Soraya Nuryadika.pdf

Download (3019Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor dalam kepemimpinan kepala sekolah perempuan, dan model kebijakan yang tepat untuk mengatasi kelemahan dan memperkuat keunggulan kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMK Negeri 8 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan fenomenologi serta pengambilan sampel secara purposive sampling, serta menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah 1) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam kepemimpinan kepala sekolah perempuan adalah dukungan yang kuat dari suami/pasangan, motivasi diri, dan komunikasi yang baik dengan suami. Sementara faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam kepemimpinan kepala sekolah perempuan yaitu, peran domestik perempuan, stereotype gender, budaya patriarki, dan hambatan fisik dari diri perempuan itu sendiri. 2) Model kebijakan yang tepat untuk mengatasi kelemahan dan memperkuat keunggulan kepemimpinan perempuan yaitu model kebijakan normatif dan dengan meminimalisir hambatan sosial, budaya dan agama. Kata kunci : Kepemimpinan, kepala sekolah, gender, model kebijakan The purpose of this study was to analyze and describe the factors in the leadership of female school principals, and the appropriate policy model to overcome the weaknesses and strengthen the leadership advantages of principals from a gender perspective in SMK Negeri 8 Bandar Lampung. This study uses a qualitative method with a phenomenological design and sampling by purposive sampling, and using a snowball sampling technique. Data collection techniques using interviews, observation and document studies. The data that has been collected is then analyzed by data reduction, data presentation, conclusion drawing and data verification. The results of this study are 1) The supporting factors in the leadership of female school principals are strong support from their husbands/partners, self-motivation, and good communication with their husbands. Meanwhile, the factors that become obstacles in the leadership of female school principals are women's domestic roles, gender stereotypes, patriarchal culture, and physical barriers from women themselves. 2) The right policy model to overcome weaknesses and strengthen the advantages of women's leadership is a normative policy model and by minimizing social, cultural and religious barriers. Keywords: Leadership, principal, gender, policy model

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 23 May 2022 05:09
Terakhir diubah: 23 May 2022 05:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61624

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir