EFEKTIVITAS DISKUSI MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 34 BANDAR LAMPUNG

Amira Dinah Dianah, 1513024059 (2021) EFEKTIVITAS DISKUSI MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 34 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
4. ABSTRAK - Amira Dinah.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. skripsi full tanpa lampiran - Amira Dinah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2488Kb)
[img]
Preview
File PDF
1. skripsi tanpa bab pembahasan - Amira Dinah.pdf

Download (2225Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran diskusi menggunakan aplikasi google classroom dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka terpilihlah kelas VIII B SMP Negeri 34 Bandar Lampung berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif (berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil dan berpikir terperinci) yang terdiri dari 10 item dalam bentuk soal essay dan angket respon peserta didik yang sudah divalidasi. Data dianalisis menggunakan gain ternormalisasi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik mengalami peningkatan dalam kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0.51, N-gain untuk setiap indikator kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir orisinil (0,50), kemampuan berpikir lancar (0,42), kemampuan berpikir elaborasi (0,37) dan kemampuan berpikir luwes (0,35). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran diskusi menggunakan aplikasi google classroom efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: Diskusi, google classroom, kemampuan berpikir kreatif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 27 May 2022 09:20
Terakhir diubah: 27 May 2022 09:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61984

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir