PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DI KELAS VB SD NEGERI 5 SUMBEREJO KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Syahrin Tarmizi, Hadliansyah (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DI KELAS VB SD NEGERI 5 SUMBEREJO KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (218Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (599Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 5 Sumberejo Kecamatan Kemiling Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran matematika masih rendah. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian yang tujuannya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan metode discovery. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada semester genap di kelas VB SD Negeri 5 Sumberejo Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahap kegiatan 1).Perencanaan 2).Pelaksanaan 3).Observasi 4).Refleksi. Data hasil penelitian berupa data kualitatif yang diambil melalui observasi aktivitas belajar siswa dan kinerja guru, serta data kuantitatif yang diambil melalui tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru, aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Nilai kinerja guru siklus 1 mencapai 74,43 sedangkan siklus 2 mencapai 86,36 sehingga terjadi peningkatan sebesar 11,93. Persentase aktivitas belajar siswa siklus 1 mencapai 57,6% sedangkan siklus 2 mencapai 83,6% sehingga terjadi peningkatan sebesar 26%. Rerata hasil belajar siswa siklus 1 mencapai 64,4 sedangkan siklus 2 mencapai 77,2 sehingga terjadi peningkatan sebesar 12,8. Jadi berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery dapat meningkatkan kinerja guru serta aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 5 Sumberejo Kecamatan Kemiling Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran matematika dengan materi Luas Bangun Datar. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Luas Bangun Datar, Metode Discovery

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:02
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir