PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS INKUIRI KREATIF BERORIENTASI HOTS PADA MATERI LISTRIK STATIS UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH

LISA APRIYANI, 1823022007 (2022) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS INKUIRI KREATIF BERORIENTASI HOTS PADA MATERI LISTRIK STATIS UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_LISA APRIYANI_1823022007.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
Tesis Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1426Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Tesis tanpa bab pembahasan.pdf

Download (988Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan membuat e-LKPD berbasis inkuiri kreatif menggunakan 3D Pageflip berorientasi HOTS pada materi listrik statis yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan self efficacy dan kemampuan komunikasi ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang memuat empat tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, uji lapangan, dan diseminasi. Pada tahap uji lapangan sampel penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Airnaningan. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Setelah dilakukan validasi isi dan konstruk oleh ahli dan praktisi, diperoleh rata-rata 80,00% dan dinyatakan valid. Selanjutnya kepraktisan produk yang ditunjukkan oleh skor rerata keterlaksanaan e-LKPD yaitu sebesar 86,78% dengan kriteria sangat tinggi, dan skor rerata respon peserta didik terhadap e-LKPD yaitu sebesar 94,44%. Sedangkan efektivitas e-LKPD dalam meningkatkan self efficacy dan kemampuan komunikasi diperoleh dari hasil pretest dan posttest dengan nilai N-gain kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dan nilai effect size self efficacy sebesar 1,19 dengan kategori tinggi dan kemampuan komunikasi ilmiah sebesar 2,17 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis inkuiri kreatif menggunakan 3D Pageflip berorientasi HOTS pada materi listrik statis efektif untuk meningkatkan self efficacy dan kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik. Kata kunci: LKPD Elektronik, Inkuiri Kreatif, HOTS, Self Efficacy, Kemampuan komunikasi ilmiah ABSTRACT This research aims to develop e-worksheet based on creative inquiry using 3D Pageflip oriented HOTS on static electricity material that is valid, practical, and effective to improve self-efficacy and scientific communication skills. This research uses research and development methods that contain four stages, namely preliminary studies, planning and development, implementation, and dissemination. At the implementation stage, the research sample was class XII students of SMA Negeri 1 Airnaningan. Samples was taken using a purposive sampling technique, namely students of class XII IPA 1 as the control class and XII IPA 2 as the experimental class. After validation of content and construct by experts and practitioners, an average score of 80.00% was obtained and declared valid. Furthermore, the practicality of the product is indicated by the average score of the implementation of the e-worksheet, which is 86.78% with very high criteria, and the average score of student responses to the e-worksheet is 94.44%. While the effectiveness of e-LKPD in improving self-efficacy and communication skills was obtained from the results of the pretest and posttest with the experimental class N-gain value greater than the control class and the effect size self-efficacy value of 1.19 with high category and scientific communication skills of 2.17 with high category. Thus, it can be concluded that e-worksheet based on creative inquiry using 3D Pageflip oriented HOTS on static electricity is effective for increasing students' self-efficacy and scientific communication skills. Key words: E-Worksheet, creative Inquiry, HOTS, Self Efficacy, Scientific Communication Skills

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2203273257 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2022 00:55
Terakhir diubah: 17 Jun 2022 00:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63139

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir