ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HIMPUNAN DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-A dan VII-D SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020)

Musta'inatun, 1513021050 (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HIMPUNAN DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-A dan VII-D SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (379Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3369Kb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (2119Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal himpunan dan faktor-faktor penyebabnya. Subjek penelitian ini terdiri dari 18 siswa kelas VII-A dan 21 siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2019/2020 yang telah mengikuti pembelajaran materi himpunan dan seluruh tahap penelitian. Pembelajaran materi himpunan pada masing-masing kelas menggunakan desain pembelajaran desain didaktis kelompok berbasis media pada kelas VII-A dan desain didaktis individual pada kelas VII-D. Desain didaktis kelompok berbasis media adalah desain didaktis dengan metode pembelajaran berkelompok, alat peraga, dan LKPD, sedangkan desain didaktis individual adalah desain didaktis dengan metode pembelajaran individual namun tidak menggunakan alat peraga dan LKPD. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Data penelitian dianalisis melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kesalahan yang dilakukan subjek penelitian mencakup 3 kesalahan: (1) kesalahan konsep; (2) kesalahan menarik kesimpulan; dan (3) kesalahan ceroboh. Jumlah kesalahan pada kelas desain didaktis individual lebih banyak dibandingkan kelas desain didaktis kelompok berbasis media, kecuali kesalahan ceroboh. Faktor penyebab kesalahan meliputi tidak memahami materi yang terkait pada soal, tidak teliti dalam membaca dan memahami informasi pada soal, tidak teliti dalam menjawab soal dan menarik kesimpulan, dan tidak dapat mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari dan dipahami. Kata kunci : Kesalahan, Himpunan, Pendekatan Saintifik, Desain Didaktis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2203299189 . Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2022 01:55
Terakhir diubah: 01 Jul 2022 01:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64029

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir