PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 25 KRUI

CLARISSA SHANIPIA MODESTY, 1813043040 (2022) PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 25 KRUI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4034Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3411Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tari tradisional dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran tari tradisional dalam membentuk karakter peserta didik dilakukan oleh guru melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pembelajaran tari tradisional untuk membentuk karakter peserta didik guru telah mengacu pada RPP. Pembentukan karakter dilakukan oleh guru melalui pembiasaan-pembiasaan positif kepada peserta didik saat pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan awal: memberi salam ketika memulai pembelajaran, berdoa, datang ke sekolah tepat waktu, memakai seragam dengan lengkap dan rapi, membersihkan lantai kelas yang akan digunakan saat praktik tari tradisional. Kegiatan inti: peserta didik secara mandiri melakukan pemanasan, melakukan latihan mandiri bersama kelompoknya, guru menggunakan metode tutor sebaya kepada peserta didik saat kegiatan praktik, peserta didik bersama kelompoknya saling mengingatkan temannya yang melakukan kesalahan ketika mempraktikkan ragam gerak, guru memberi jarak antara penari perempuan dan penari laki-laki, guru memberi arahan kepada peserta didik untuk memberikan apresiasi dan semangat saat presentasi, serta nilai-nilai filosofis ukua jo jangko pada tari Rantak, ragam gerak rantak masuak, cabiak, selalu, surang-saring, memanah dan mengintai. Fungsi tari, kostum dan syair pada tari Saman Kegiatan akhir: peserta didik memberi salam saat akhir pembelajaran. Sehingga pada pelaksanaan pembelajaran tari tradisional terbentuk karakter religius, disiplin, tanggung jawab, toleransi, kerjasama dan percaya diri. Kata kunci: Pembelajaran tari tradisioanl, pembentukan karakter, tari tradisionalii

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2203467161 . Digilib
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:06
Terakhir diubah: 05 Aug 2022 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64494

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir