IMPLEMENTASI PBL TERINTEGRASI STEM DENGAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMA PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI

Sri Rahayu, 1813022032 (2022) IMPLEMENTASI PBL TERINTEGRASI STEM DENGAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMA PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_SRI RAHAYU.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_SRI RAHAYU.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1925Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_SRI RAHAYU.pdf

Download (1139Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi PBL terintegrasi STEM dengan Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa SMA. Sampel pada penelitian ini yaitu, peserta didik kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Desain Penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar tes soal pilihan ganda. Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan STEM mampu meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas ekseperimen sebesar 0,65 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir sistem kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Serta, di dukung dari data hasil uji hipotesis Independent simple T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya bahwa implementasi PBL terintegrasi STEM dengan Flipped Classroom dapat meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa pada topik usaha dan energi. Kata kunci: PBL, STEM, Flipped Classroom

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208171386 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:41
Terakhir diubah: 23 Aug 2022 02:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65431

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir